Beranda Biodata Biografi Wright Bersaudara – Kisah Penemuan Pesawat Terbang

Biografi Wright Bersaudara – Kisah Penemuan Pesawat Terbang

597
2

Biografiku.com – Biografi Wright Bersaudara. Dua tokoh ini sangat terkenal di dunia karena berkat pesawat temuan mereka, manusia dapat terbang melintas di angkasa. Hal yang oleh orang dulu dianggap mustahil.

Namun semua itu akhirnya dijawab oleh penemuan dari Wright Bersaudara dan artikel ini juga akan membahas bagaimana Kisah Penemuan Pesawat Terbang.

Biografi Wright Bersaudara

Biografi Wright Bersaudara - Kisah Penemuan Pesawat Terbang  Dua bersaudara ini bernama Orville Wright yang lahir tanggal 19 Agustus 1871 dan wafat tanggal 30 Januari 1948 serta saudaranya Wilbur Wright yang lahir tanggal 16 April 1867 dan wafat tanggal 30 Mei 1912.

Masa Kecil

Mereka berdua merupakan anak dari Milton Wright yang bekerja sebagai seorang pendeta kristiani dan Susan Catharine Wright. Ia mempunyai tujuh orang anak.

Yang terkenal bernama Orville Wright dan Wilbur Wright. Orville dan Wilbur memiliki saudara bernama Reuchlin Wright, Lorin Wright, Otis Wright, Ida Wright, Katharine Wright.

Wright bersaudara bersama orang tuanya hidup berpindah pindah namun akhirnya mereka menetap di lowa, Amerika Serikat. Wright bersaudara menghabiskan masa kecil mereka sama seperti anak kecil kebanyakan bersekolah dan bermain.

Keduanya, Wilbur dan Orville memiliki kegemaran yang berbeda. Wilbur senang berselancar sementara Orville senang mengumpulkan logam logam yang tidak terpakai kemudian menjualnya.

Mereka berdua juga pandai menciptakan sesuatu yang bernilai jual. Misalnya Wilbur berhasil menciptakan mesin pelipat koran sementara Orville menciptakan layang layang dan kemudian menjualnya.

Terinspirasi dari ‘Helikopter’ Mainan

Awal ketertarikan Wright Bersaudara dibidang penerbangan dimulai ketika ayahnya yang bekerja sebagai seorang uskup pulang membawa mainan berupa ‘helikopter’.

BACA JUGA :  Biografi Aristoteles Onassis - Milyarder Sukses Yang Berawal Dari Kekurangan dan Kegagalan

Mainan itu sebenarnya bernama gasing cina. Terbuat dari bambu, kertas, gabus serta karet gelang untuk menggerakkan rotornya. Disinilah awal kekaguman Wright bersaudara melihat mainan itu dapat terbang dengan sempurna di langit langit rumahnya.

Dalam Biografi Wright Bersaudara, diketahui bahwa Wilbur dan Orville sama melanjutkan pedidikannya di universitas. Namun keduanya tidak menyelesaikannya. Wilbur kuliah diploma selama empat tahun namun ia tidak menyelesaikan kuliahnya.

Mendirikan Usaha Penerbitan Koran

Sementara Orville, ia hanya kuliah satu tahun saja dan tidak menyelesaikannya karena memulai bisnis percetakan pada tahun 1889. Ia memulai usaha tersebut dengan mesin cetak sendiri yang dibantu oleh Wilbur.

Orville bekerja sebagai penerbit koran mingguan West Side. Sementara Wilbur bergabung sebagai editor dalam koran mingguan tersebut.

Di pertengahan 1890an, Wright bersaudara melihat di koran dan majalah bagaimana Otto Lilienthal pelopor manusia terbang pertama meluncur dan terbang dengan glider buatannya di Jerman. Sayangnya ketika itu ia tewas akibat percobaannya tersebut.

Namun artikel tersebut kemudian berhasil membangkitkan semangat Wright bersaudara dalam mengembangkan pesawat terbang buatan mereka.

Dan pada tahun 1896, mereka juga mendapat informasi mengenai Samuel Langley yang berhasil menerbangkan pesawat bertenaga uap tanpa awak.

Menciptakan Pesawat Terbang Pertama di Dunia

Dalam Biografi Wright Bersaudara diketahui pada tahun 1899, Wilbur mengirim surat ke Smithsonian Institution meminta informasi mengenai publikasi rancangan Aeronautika dari Sir George Cayley, Chanute, Lilienthal, Leonardo da Vinci, dan Langley.

Setelah mendapatkan publikasi rancangan tersebut, mereka kemudian mulai melakukan eksperimen penerbangan tahun itu juga.

Mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya dites di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses.

BACA JUGA :  Biografi B.J Habibie - Ahli Pesawat Terbang dan Presiden Ketiga Indonesia
Penerbangan Pertama di Dunia

Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat, yang dinamakannya Wright Flyer. Pada pukul 9.30 pagi (9.30 WIB malam) dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17 Desember 1903.

Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina.

Biografi Wright Bersaudara - Kisah Penemuan Pesawat Terbang
Wright Flyer / Kitty Hawk

Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer dikemudikan oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik. Kemudian pesawat tersebut turun kembali setelah mencapai 37 meter dari tanah. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah.

Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama “Kitty Hawk”. Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum Dirgantara di Washington DC, Amerika Serikat.

Wright Bersaudara Pioner Penerbangan Pesawat

Walaupun mereka bukan orang yang pertama membuat pesawat percobaan atau experiment, Wright bersaudara adalah orang yang pertama menemukan kendali pesawat sehingga pesawat terbang dengan sayap yang terpasang kaku bisa dikendalikan.

Terobosan yang paling besar adalah penemuan ‘kontrol tiga sumbu’ yang digunakan oleh semua pesawat terbang yang sekarang.  Mereka memperoleh keahlian mekanik tersebut dari bekerja di toko mereka yang penuh dengan mesin cetak, sepeda, motor dan mesin lainnya.

Dari sepeda mereka mendapat gagasan bahwa pesawat terbang yang tidak stabil dapat dikendalikan dengan latihan.  Secara umum mereka dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama.

Mereka membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara, bersama dengan pendirian tonggak sejarah lainnya dalam bidang era dirgantara.

Loading...