Beranda Biografi Biografi Fahri Hamzah, Dari Penjual Kopi Hingga Menjadi Pimpinan DPR

Biografi Fahri Hamzah, Dari Penjual Kopi Hingga Menjadi Pimpinan DPR

116
0

Biografiku.com – Profil dan Biografi Fahri Hamzah. Indonesia memiliki banyak tokoh politikus yang ternama. Salah satu tokoh politikus yang dianggap mampu mewakili pikiran rakyat ialah Fahri Hamzah.

Biografi Fahri Hamzah

Dari berjualan permen dan kopi semasa kecil hingga menjadi pimpinan DPR di Senayan Jakarta merupakan salah satu kisah panjang perjalanan pria Sumbawa ini. Artikel kali ini akan membahas lebih jauh mengenai profil dan biografi dari Fahri Hamzah.

Profil dan Biografi Fahri Hamzah

Fahri Hamzah lahir pada tanggal 10 November 1971 di Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Ayahnya bernama Hamzah dan ibunya bernama Nurjannah. Beliau memiliki seorang istri bernama Farida Briani, dan dianugerahi dua orang anak.

Masa Kecil

Fahri hamzah terlahir dari keluarga sederhana. Orang tuanya bekerja sebagai pembuat kopi tepal khas Sumbawa. Sejak kecil Fahri bertugas untuk menjual kopi hasil olahan orang tuanya ke pasar. Sejak kecil ia mulai berdagang. Sambil bersekolah, ia menjajakan permen disekolahnya.

Pendidikan Fahri Hamzah

Fahri Hamzah memulai pendidikannya dengan bersekolah di SD Muhammadiyah di Sumbawa, NTB. Tamat SD, ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP Muhammadiyah Sumbawa dan kemudian melanjutkan sekolah di sekolah yang sama yakni SMA Muhammadiyah Sumbawa.

Dalam biografi Fahri Hamzah yang dikutip dari antaranews, disebutkan bahwa Fahri Hamzah merupakan siswa yang cerdas. Sebab, Sejak SD hingga SMA ia selalu juara kelas meskipun sambil berjualan membantu orang tuanya.

Setelah menamatkan sekolahnya, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Mataram, NTB. Ia diterima masuk di fakultas pertanian.

BACA JUGA :  Biografi Simple Plan - "Welcome To My LIfe"
Kabur ke Jakarta

Sejak lulus SMA, Fahri sangat berhasrat untuk kuliah di ITB namun beberapa kali mencoba selalu gagal. Memasuki semester enam perkuliahannya di Universitas Mataram, ia kemudian mengambil cuti menjelang penerimaan mahasiswa baru.

Ia kemudian kabur dan berangkat ke Jakarta, menginap di rumah pamannya walaupun tidak disetujui oleh orang tuanya. Di Jakarta, Fahri mempersiapkan diri untuk ikut penerimaan mahasiwa baru di Universitas ternama. Atas saran seorang teman, ia mengikuti bimbel yang diadakan oleh Bimbel Nurul Fikri.

Biografi Fahri HamzahPada tahun 1992, Fahri Hamzah diterima masuk di Fakultas Ekonomi universitas Indonesia. Saat di UI, ia sangat aktif dalam organisasi dan juga menjadi aktivis. Kesibukannya berorganisasi membuatnya kadang bolos kuliah.

Dalam biografi Fahri Hamzah, diketahui Fahri merupakan mahasiswa binaan dari Sri Mulyani yang menjadi menteri keuangan di era presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Jokowi. yang menjadi dosen pembimbingnya.

Di kampus, Fahri pernah menjadi Ketua Forum Studi Islam Fakultas Ekonomi UI serta Ketua departemen penelitian dan pengembangan di senat mahasiswa UI tahun 1996-97.

Ia lulus dari UI pada tahun 1997. Lulus dari sana Ia kemudian melanjutkan pendidikannya pada program Magister Ilmu Kebijakan Publik Universitas Indonesia yang dibentuk oleh Sri Mulyani kala itu.

Aktivis 1998

Nama Fahri Hamzah mulai dikenal masyarakat sejak masa reformasi bergulir pada awal 1998. Beliau merupakan pendiri sekaligus menjadi ketua umum pertama organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

KAMMI satu-satunya elemen mahasiswa yang mendukung B.J. Habibie sebagai penerus tongkat estafet dari Soeharto disaat elemen mahasiswa lain merasa bahwa Habibie sama saja dengan Soeharto.

Fahri Hamzah sebagai intelektual muda, sejak berstatus mahasiswa sudah banyak terlibat dalam kegiatan akademis dan kecendikiawanan.

BACA JUGA :  Biografi Mariah Carey - Sang Diva

Setelah era reformasi bergulir pada tahun 1999, beliau sempat diangkat sebagai Staff Ahli MPR RI pada tahun 2004. Kemudian, beliau pun memutuskan untuk bergabung dengan Partai Keadilan Sosial yang kemudian mendorongnya untuk menjadi anggota DPR RI pada tahun 2004, mewakili daerah asalnya, Nusa Tenggara Barat.

Beliau juga memiliki perhatian yang cukup besar pada dunia hukum, sehingga beliau dipercaya oleh Fraksi PKS untuk ditempatkan sebagai Wakil Ketua Komisi III, yang membidangi Legislasi sejak tahun 2009 lalu.

Selain aktif sebagai anggota politik dan anggota dewan, beliau juga gemar menulis dalam berbagai artikel. Salah satu karya beliau adalah “Negara, BUMN dan Kesejahteraan Rakyat”.

Perjalanan Karir Fahri Hamzah

Fahri Hamzah selain aktif sebagai anggota dewan, beliau juga merupakan seorang Presiden Direktur CGN Consulting. Beliau juga pernah menjadi staf ahli MPR RI dan juga sebagai chairman CYFIS. Bukan hanya itu saja, Fahri Hamzah juga merupakan seorang Dosen Program Ekstensi Fakultas Ekonomi UI di Jakarta.

Beliau juga pernah menjabat sebagai anggota legislatif sampai sekarang. Diantaranya beliau pernah menjabat sebagai anggota DPR dari Partai Kesejahteraan Rakyat (PKS) periode 2004-2009.

Biografi Fahri HamzahKemudian, beliau juga sempat menjabat sebagai anggota DPR dari partai yang sama yakni PKS untuk periode 2009-
2014. Dan kini beliau menjabat sebagai Wakil Ketua DPR untuk periode 2014-2019.

Selain aktif sebagai anggota dewan legislatif, Fahri Hamzah juga ternyata juga pernah menjadi Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKS (2003-2005).

Beliau juga senang menulis dan beberapa tulisan karya Fahri Hamzah tersebut antara lain ‘Negara, BUMN, dan Kesejahteraan Rakyat’, ‘Negara Pasar dan Rakyat’, ‘Ke Mana Ujung Century’, ‘Demokrasi, Transisi, Korupsi’.

BACA JUGA :  Biografi Peterpan - Band Indonesia

Fahri Hamzah juga dikenal sosok yang sering memberikan kritik pada kebijakan pemerintah baik melalui media sosial maupun melalui media elektronik. Ia juga kerap menjadi pembicara dalam berbagai seminar atau pertemuan.

Itulah sekilah profil dan biografi singkat mengenai Fahri Hamzah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Loading...