Beranda Biografi Mengapa Menulis Rencana Bisnis Itu Penting? Ini 4 Alasannya

Mengapa Menulis Rencana Bisnis Itu Penting? Ini 4 Alasannya

4.9
(289)

Biografiku.com | Dalam berbisnis atau usaha, Sebuah business plan atau rencana bisnis merupakan alat yang sangat penting. Rencana bisnis juga hal yang sangat strategis bagi pengusaha dalam membangun bisnis. Dengan menetapkan rencana bisnis yang baik tidak hanya akan membantu wirausahawan fokus pada langkah-langkah spesifik bagi bisnisnya. Tetapi juga membantu mereka untuk membuat ide bisnis dapat berhasil.

Selain itu, Planning dalam bisnis itu membantu mereka mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam berbisnis atau berusaha. Benjamin Franklin bahkan pernah berkata, “Jika Anda gagal merencanakan, Anda sedang merencanakan kegagalan.”

Mengapa Menulis Rencana Bisnis Itu Penting

Rencana bisnis atau business plan sangat penting untuk kewirausahaan, namun tidak semua atau banyayk pengusaha yang melihat seberapa pentingnya rencana bisnis itu. Banyak pengusaha atau enterpreneur enggan untuk menuliskan rencana kedepan dalam bisnis mereka. Di internet, ada banyak artikel online yang mengklaim bahwa rencana bisnis itu sudah tidak relevan untuk zaman sekarang ini.

Ingatlah…ide bisnis yang bagus pun bisa menjadi sia-sia jika tidak dapat merumuskan, menjalankan, dan mengimplementasikan rencana strategis untuk membuat ide bisnis dapat berhasil. Jika ingin mengumpulkan dana dari investor, ingatlah bahwa memiliki rencana bisnis yang baik atau jelas menjadi nilai plus atau sangat berharga khususnya dimata Investor.

Sebelum menulis rencana bisnis , pertimbangkanlah dua poin penting ini :

  • Siapa yang akan menjadi target?
  • Tanggapan atau harapan apa yang diinginkan dari mereka?

Contohnya, jika tertarik untuk menambah modal, maka investor kemungkinan besar akan menjadi target audiens dari rencana bisnis yang ditulis. Namun Jika tertarik dengan mencari kemitraan atau usaha patungan, maka calon mitra bisnis Anda akan menjadi target dari rencana bisnis yang ditulis. Siapa pun audiens ini, fokuslah pada pesan utama yang ingin mereka terima untuk mendapatkan respons yang Anda inginkan.

4 Alasan Mengapa Menulis Rencana Bisnis itu Penting

Mengumpulkan Modal Untuk Bisnis

Calon investor atau pemberi modal menginginkan rencana bisnis tertulis yang jelas dan lengkap sebelum mereka memberi modal atau pendanaan untuk bisnis yang dibangun. Deskripsi konsep dari sebuah bisnis saja tidak cukup. Pastikan bahwa rencana bisnis dan keuangan disusun secara detail dan jelas serta menyeluruh.

Mengapa Menulis Rencana Bisnis Itu Penting

Maka ini akan yang menunjukkan kemungkinan keberhasilan. Serta investor akan mengerti seberapa banyak modal atau uang yang diperlukan agar bisnis berhasil dapat berhasil dalam jangka panjang.

Untuk Membuat Keputusan yang Tepat

Sebagai seorang pengusaha, memiliki konsep yang sudah disusun dalam bisnis akan membantu menentukan dan berfokus pada ide dan strategi bisnis yang dibuat. Rencana bisnis yang disusun didalamnya tidak hanya berkonsentrasi pada masalah keuangan, tetapi juga pada masalah manajemen, perencanaan sumber daya manusia, teknologi, dan menciptakan nilai bagi pelanggan atau audiens dari bisnis.

Mengapa Menulis Rencana Bisnis Itu Penting

Membantu Mengidentifikasi Potensi Kelemahan Dalam Bisnis

Memiliki rencana bisnis dapat membantu mengidentifikasi potensi jebakan atau bisa dibilang kelemahan dalam ide bisnis. Berbagi ide dengan orang lain yang tepat dapat memberikan pendapat dan saran mereka mengenai apa saja kelemahan yang mungkin ada dalam bisnis yang dijalankan. Pertimbangkan nasihat atau saran dari konsultan bisnis atau yang ahli dalam bidangnya setelah mereka melihat rencana bisnis yang tulis.

Mengkomunikasikan Ide-ide Dengan Stakeholder

Richard Stutely penulis buku terlaris berjudul The Definitive Business Plan. The Fast Track to Intelligent Planning for Executives and Entrepreneurs menjelaskan bahwa perencanaan bisnis yang jelas akan membantu menyampaikan informasi yang benar-benar dicari oleh para pembuat keputusan atau investor. Rencana bisnis merupakan alat komunikasi yang dapat dipergunakan untuk mengamankan atau mendapat modal investasi dari investor atau lembaga keuangan. Dengan adanya perencanaan bisnis yang jelas maka dapat meyakinkan orang agar bekerja atau bergabung dengan perusahaan. Hal ini juga juga akan menarik pelanggan potensial.

BACA JUGA :  Biografi Rene Descartes - Filsuf Perancis
Mengapa Menulis Rencana Bisnis Itu Penting

Perlu diketahui bahwa membuat rencana bisnis perlu melibatkan banyak pemikiran, tidak hanya satu sumber saja. Pertimbangkan apa yang ingin dilakukan dan gunakanlah apa yang sudah disusun tersebut sebagai titik awal dalam bisnis.

Dalam menulis business plan tidak perlu rumit. Intinya, rencana bisnis didalamnya harus mengidentifikasi dimana posisi saat ini (Awal), kemana bisnis ingin dibawa (Tujuan), dan bagaimana cara agar bisa sampai di sana (Strategi).

Ingatlah menulis rencana bisnis yang baik tidak menjamin kesuksesan dalam berbisnis. Tetapi menetapkannya maka akan dapat mengurangi kemungkinan akan kegagalan dari bisnis atau usaha.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement