Beranda Tokoh Pemimpin Biografi Julius Caesar, Kisah Kaisar Romawi Paling Terkenal di Dunia

Biografi Julius Caesar, Kisah Kaisar Romawi Paling Terkenal di Dunia

3203
4.7
(3)

Biografiku.com – Profil dan Biografi Julius Caesar. Tokoh satu ini dikenal sebagai seorang jenderal militer dan pemimpin terkenal di dunia. Julius Caesar merupakan Kaisar Romawi yang paling terkenal.

Dibawah kepemimpinannya, Kekaisaran Romawi berhasil memperluas pengaruh dan wilayahnya hingga ke Perancis. Namun sayangnya hidupnya harus berakhir tragis.

Biografi Julius Caesar - Kaisar Romawi

Biodata Julius Caesar

NamaGaius Julius Caesar
Lahir
Subura, Roma, 13 Juli 100 SM
WafatCuria Pompey, Roma, 15 Maret 44 SM
Orang Tua Gaius Julius Caesar (ayah), Aurelia Cotta (ibu)
SaudaraJulia Major, Julia Caesaris
IstriCornelia, Pompeia, Calpurnia
AnakJulia Caesaris, Caesarion, Augustus
DikenalKaisar Romawi

Biografi Julius Caesar

Kaisar Romawi yang terkenal ini lahir dengan nama lengkap Gaius Julius Caesar pada tanggal 13 Juli 100 SM. Ia diketahui wafat tanggal 15 Maret 44 SM. Ayahnya juga bernama Gaius Julius Caesar dan ibunya bernama Aurelia. Julius Caesar mempunyai dua orang saudara perempuan.

Masa Muda

Pada masa mudanya ia pernah berkarir sebagai advokat dan setahun berikutnya, menjadi seorang bendahara di Hispania Ulterior.

Di tahun 59 SM, Julius Caesar mendapatkan jabatan sebagai konsul pertama. Jabatan ini membuka jalannya menjadi penguasa Romawi.

Dikisahkan dalam biografi Julius Caesar, ia bertarung melawan Pompeius, Cato dan Metellus Scipio serta melakukan pertempuran di Hispania untuk merebut kekuasaan di Romawi.

Menjadi Diktator Seumur Hidup

Kemenangannya dalam perang saudara tersebut membuat ia kembali ke Roma. Disana ia kemudian menjadikan dirinya sebagai penguasa terhebat kekaisaran Romawi.

Julius Caesar kemudian di daulat sebagai penguasa Romawi atau Kaisar Kerajaan Romawi. Ia kemudian memulai melancarkan reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintah Romawi.

BACA JUGA :  Biografi Plato, Kisah Filsuf Terkenal Serta Ajaran dan Pemikirannya

Julius Caesar menjadi berambisi menjadi diktator seumur hidup terhadap kekaisaran Romawi, dan memusatkan pemerintahan Romawi yang makin melemah dalam republik tersebut.

Julius Caesar dikenal sebagai pemimpin militer dan politikus Romawi yang mempunyai kekuasaannya dari Gallia Comata kemudian memperluasnya hingga Oceanus Atlanticus.

Memperluas Kekuasaan Romawi

Ia juga melancarkan serangan pasukan Romawi pertama ke Inggris. Ia juga memperkenalkan pengaruh Romawi terhadap Perancis.

Dibawah kekuasaan Julius Caesar sebagai Kaisar Romawi, kerajaan Romawi tumbuh menjadi salah satu imperium paling berkuasa di Eropa.

Ia bahkan melebarkan kekuasaan Romawi hingga ke Mesir. Perlu diketahui bahwa Julius Caesar memiliki hubungan erat dengan Ratu Mesir Cleopatra yang dikisahkan sangat cantik. Dari hubungannya tersebut dengan Ratu Mesir itu, Julius Caesar memiliki seorang anak yang kemudian diberi nama Caesarion.

Julius Caesar Wafat

Sayangnya, Diktator sekaligus salah satu pemimpin militer yang terkenal ini nasibnya berakhir tragis. Julius Caesar diketahui meninggal dunia pada 15 Maret 44 SM akibat ditusuk hingga mati oleh Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi.

Lukisan Pembunuhan Julius Caesar karya Karl Theodor von Piloty
Lukisan Pembunuhan Julius Caesar

Aksi pembunuhan terhadap Julius Caesar pada hari 15 Maret tersebut kemudian pemicu perang saudara kedua yang menjadi akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi di bawah kekuasaan cucu lelaki dan putra angkatnya, Kaisar Augustus.

Dalam biografi julius caesar, diketahui Kampanye militer diketahui secara mendetil melalui tulisannya sendiri bernama Kumpulan Komentar (Commentarii), dan banyak dari kisah hidupnya yang direkam sejarawan seperti Gaius Suetonius Tranquillus, Mestrius Plutarch, dan Lucius Cassius Dio.

Beri Rating Artikel Ini

'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'