Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Kevin Mitnick, Kisah Perjalanan Hacker Paling Melegenda

Biografi Kevin Mitnick, Kisah Perjalanan Hacker Paling Melegenda

3176
5
(97)

Biografiku.com | Profil dan Biografi Kevin Mitnick. Orang yang satu ini dikenal sebagai ‘legenda’ dalam dunia hacker. Mitnick merupakan seorang hacker yang namanya pernah masuk dalam daftar orang paling dicari oleh FBI.

Biografi Kevin Mitnick

Di masanya, ia adalah seorang buronan yang dicari karena bertanggung jawab dalam sejumlah pembobolan sistem jaringan komputer milik perusahaan dan pemerintah. Kevin Mitnick dikenal sebagai seorang hacker yang sangat ahli dalam social engineering. Bagaimana kisahnya? Berikut profil dan biografi kevin Mitnick.

Biografi Kevin Mitnick

Nama lengkapnya adalah kevin David Mitnick yang kemudian dikenal dengan nama Kevin Mitnick. Dalam dunia komputer, ia dikenal dengan nama The Condor. Ia dilahirkan pada tanggal 6 Agustus 1963.

Kala itu hanya orang yang cukup berada yang dapat memiliki komputer. Kevin Mitnick sendiri belajar dan mengenal komputer ketiika ia bekerja di toko radishack serta perpustakaan umum yang menyediakan komputer. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya mempelajari sistem komputer.

Menjadi Hacker Di Usia Muda

Tak mengherankan bila di usia muda ia sudah paham bagaimana sistem dan jaringan komputer bekerja. Pada usia 12 tahun, Mitnick menggunakan tehnik Social Engineering atau rekayasa sosial untuk melewati sistem kartu tiket yang digunakan dalam sistem bus Los Angeles dengan cara meyakinkan supir bus.

Biografi Kevin Mitnick

Dia bisa naik bus mana pun di area Los Angeles. Caranya dengan menggunakan tiket yang tidak terpakai yang dia temukan di tempat sampah di sebelah perusahaan bus.

Social Engineering atau Rekayasa sosial kemudian menjadi metode utama yang digunakan Kevin Mitnick untuk memperoleh informasi, termasuk nama pengguna dan sandi serta nomor telepon untuk internet.

Ia pertama kali melakukan kejahatan komputer saat berusia 16 tahun pada tahun 1979. Kevin Mitnick menggunakan pengetahuannya tentang komputer dengan membobol jaringan komputer Digital Equipment Corporation (DEC) dan membajak perangkat lunak sistem operasi RSTS/E milik perusahaan.

Aksinya ini membuat ia pertama kali dijatuhi hukuman selama 12 bulan penjara. Setelah bebas, ia kembali melakukan peretasan pada komputer COSMOS (Computer System Mainstrem Operation) yang berfungsi sebagai sentral database telepon Amerika milik perusahaan telepon Pasific Bell yang berbasis di Log Angeles.

Membobol Jaringan Komputer Pentagon

Akibat perbuatannya itu, Kevin Mitnick harus meringkuk di penjara. Setelah bebas dari penjara, ia kembali melakukan aksi kejahatan komputernya.

Kali ini tidak tanggung-tanggung, ia melakukan peretasan atau hacking di jaringan komputer di Pentagon, Departemen Pertahanan Amerika.

Biografi Kevin Mitnick

Ia dituduh menggunakan ARPANet dengan cara mengakses secara ilegal melalui terminal komputer University of Southern California (USC). Ia kembali ditangkap dan dijebloskan ke penjara.

Melakukan Pembajakan Aplikasi

Setelah bebas dari penjara kedua kalinya, Kevin Mitnick kemudian menghilang dari dunia hacker dan memilih hidup normal. Tetapi tak berlangsung lama, ia kembali dituduh melakukan peretasan atau hacking di jaringan komputer Santa Cruz Organization, sebuah perusahaan software Unix.

Kejahatan komputernya kai ini membuat pengadilan menjatuhkan hukuman selama tiga tahun penjara. Setelah bebas, ia kembali melakukan kejahatan komputer. Kali ini aksinya ia lakukan dengan membobol dan membajak sistem operasi VMS milik Digital Equipment Corporation.

Dalam aksinya ini, ia bekerja samma dengan Lenny Cicicco. Akibatnya ia kembali dipenjara selama satu tahun. Dalam persidangan, pengacara Kevin Mitnick menyebut bahwa tindakan yang dilakukan Kevin Mitnick adalah kecanduan pada komputer yang tidak bisa dihentikan.

The Most Wanted Hacker

Setelah terbebas dari penjara, Kevin Mitnick kembali mencoba hidup normal. Ia memiliki bekerja pada perusahaan mailing list di wilayah Las vegas, Amerika Serikat. Namun penyakitnya kembali kambuh. Biro Keamanan Amerika yakni FBI mencurigai Kevin melakukan peretasan sistem komputer Tel Tec Detective.

Akibatnya Kevin kemudian melarikan diri dari kejaran polisi. Dan saat itu FBI menetapkan Kevin Mitnick dalam daftar buronan hacker nomor satu yang paling dicari atau The Most Wanted Hacker.

Biografi Kevin Mitnick

Selama menjadi buronan hacker paling dicari FBI, kevin Mitnick hidup secara berpindah-pindah dari satu wilayah ke wilayah lain. Disini kejahatan komputernya semakin menjadi. Diketahui ia membobol sistem komputer perusahaan besar seperti Fujitsu, Motorola dan Nokia.

Menurut Departemen Kehakiman AS, Mitnick memperoleh akses ilegal ke puluhan jaringan komputer saat dia menjadi buronan. Dia menggunakan telepon seluler yang dikloning untuk menyembunyikan lokasinya.

Ia juga menyalin perangkat lunak berharga dari beberapa perusahaan telepon seluler dan komputer terbesar di negara itu. Selain itu, Mitnick juga menyadap dan mencuri ratusan kata sandi komputer, mengubah jaringan komputer, dan membobol serta membaca email pribadi.

Biografi Kevin Mitnick

Ia juga melakukan peretasan pada jaringan komputer milik perusahaan teknologi Sun Microsystems. Disini ia juga melakukan pembobolan komputer milik seorang hacker bernama Tsutomu Shimomura. Akibatnya Tsutomu bekerjasama dengan FBI memburu Kevin Mitnick.

Dalam pelariannya, Kevin Mitnick membobol layanan penyimpanan rekening seseorang. Layanan tersebut menginformasikan kepada pemilik rekening bahwa rekeningnya sudah over quota. Disinilah kelalaian Mitnick.

Sebelum ditangkap, Mitnick sedang melacak balik orang yang sedang mengejarnya yaitu Tsutomu Shimomura. Tapi pada saat yang bersamaan FBI yang sudah melacak keberadaan Mitnick datang dan menjadi “tamu” tak diundang di rumah pelarian Kevin Mitnick.

Bebas Dari Penjara

Kali ini pengadilan menjatuhkan hukuman kepada Kevin Mitnick selama 5 tahun penjara. Pada tahun 2000, Kevin Mitnick bebas dari penjara. Namun ia dilarang memegang atau berhubungan dengan komputer.

Dua tahun setelah pembebasannya, Ia akhirnya diperbolehkan menggunakan komputer namun dengan syarat tanpa jaringan internet. Baru pada tahun 2003, ia akhirnya bisa menggunakan jaringan komputer.

Setelah beberapa kali dipenjara, Kevin akhirnya bertobat dan mencoba menjalani kehidupan normal. Ia kemudian menulis buku mengenai keamanan komputer berjudul The Art of Intrusion: The Real Stories Behind the Exploits of Hackers, Intruders and Deceivers. Buku ini kemudian laris manis dipasaran.

Biografi Kevin Mitnick

Kevin Mitnick juga mendirikan perusahaan konsultan keamanan komputer yang bernama Mitnick Security Consulting. Ia juga memiliki website yang beralamat di kevinmitnick.com.

Legenda Dalam Dunia Hacker

Sebagai seorang Hacker paling terkenal karena aksinya, Kevin Mitnick diberi gelar oleh The Discovery gelar “Hall of Fame of Hacker“. Keahlian Kevin Mitnick dalam melakukan hacking sangat baik. Tak mengherankan bila

Selain menjadi software hacker, Kevin Mitnick juga dikenal sebagai hardware hacker. Dan juga mitnick memiliki kemampuan social engineering yang bagus, sehingga dia berhasil banyak menipu korbannya.

Film Tentang Kevin Mitnick

Pada tahun 2000 dibuat sebuah film tentang biografi Kevin Mitnick serta aksi Tsutomu Shimomura yang berjudul Takedown. Film ini berdasarkan apa yang ditulis oleh John Markoff dan Tsutomu Shimomura dalam buku berjudul Takedown.

Di film ini digambarkan bagaimana aksi Kevin Mitnick dalam melakukan peretasan sistem komputer dan akksi Shimomura dalam melacak keberadaan Kevin Mitnick. Kemudian sebuah film dokumenter mengenai Kevin Mitnick bernama Freedom Downtime diproduksi oleh 2600: The Hacker Quarterly.

Beri Rating Artikel Ini