Beranda Biografi Mengenal Teks Biografi – Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contohnya

Mengenal Teks Biografi – Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contohnya

8281
Belum Ada Rating Untuk Artikel Ini

Biografiku.com – Teks Biografi merupakan sebuah teks atau tulisan tentang cerita kehidupan kisah nyata dari seorang tokoh atau dari narasumber yang di ceritakan kembali melalui tulisan. Jadi yang diceritakan dari biografi adalah cerita kisah nyata seseorang atau tokoh mulai dari kelahiran, persoalan kehidupan, prestasi sampai dengan masalah dan penyelesaiannya.

Teks Biografi-Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh Biografi

Definisi teks biografi sendiri adalah menyampaikan suatu cerita tentang pesan kehidupan pribadi tokoh kepada para pembaca atau khalayak umum. Tentunya yang bisa dijadikan pelajaran, panutan, dan pengalaman yang baik untuk seseorang dan berikut ulasan mengenal teks biografi, pengertian, ciri, struktur, unsur beserta contohnya.

Mengenal Teks Biografi
1. Apa Itu Teks Biografi

Pengertian dari teks Biografi adalah dimana suatu teks cerita yang didapat dari tulisan tentang cerita kehidupan tokoh kisah nyata yang di ulas oleh seorang penulis. Untuk mengenal lebih dalam tentang teks biografi, anda harus tau tokoh utamanya.

Jadi, pengertian singkat dari teks biografi sendiri adalah tulisan yang menjelaskan tentang cerita dan keterangan mengenai riwayat kehidupan seseorang berdasarkan kisah nyata.

Teks Biografi pada umumnya di tulis dengan teks yang singkat yang bisa berupa artikel saja, namun ada juga yang di tulis dalam bentuk buku. Jadi ada yang ditulis dengan cara fakta yang singkat maupun berbentuk buku yang di kisahkan secara mendetail dan lebih banyak penjelasannya.

2. Pengertian Biografi

Biografi berasal dari kata Bios yang berarti hidup dan Graphien yang berati tulisan, kata-kata tersebut berasal dari bahasa Yunani. Jadi arti dari Biografi adalah suatu tulisan yang dibuat berdasarkan riwayat pribadi seorang tokoh sesuai dengan pengalaman kisah nyatanya.

BACA JUGA :  Biografi Dennis Hayes - Penemu Modem Komputer

Jadi Biografi adalah suatu kisah nyata. Jika bukan nyata maka dinamakan cerita fiksi, dan penjelasan di sini mengenai info yang lengkap dan secara detail tentang kejadian narasumber. Jadi lewat biografi akan ditemukan tentang keterangan, hubungan, dan perilaku kehidupan tentang tokohnya.

3. Ciri – ciri dari Biografi

Anda bisa mengenal teks biografi dengan cara memperhatikan karakteristiknya tokoh seseorang dan ciri-ciri biografi adalah sebagai berikut :

  • Cerita Biografi mengandung inspirasi suatu kisah nyata yang bisa menginspirasi para pembacanya.
  • Cerita Biografi mengandung hal-hal yang bisa memotivasi seorang pembacanya.
  • Cerita Biografi dibentuk dalam suatu narasi sehingga ceritanya lebih hidupCerita Biografi lebih berstruktur, berorientasi, re-orientasi, dan suatu peristiwa.
4. Struktur Biografi

Untuk mengenal teks biografi secara umum, struktur teks biografi terdiri dari tiga bagian yang mengarah pada definisi biografi, dan inilah struktur biografi adalah sebagai berikut :

Peristiwa dan Masalah, yaitu bagian dalam tulisan biografi yang mengacu pada suatu peristiwa yang pernah dialami oleh tokoh narasumber. Ini juga termasuk salah satu suatu masalah yang dihadapi dalam upaya mencapai tujuan, serta pengalaman hidup yang menginspirasi yang pernah dialami oleh tokoh atau narasumber.

Orientasi, yaitu merupakan gambaran awal mengenai tokoh atau narasumber yang sedang diceritakan atau bagian dalam tulisan biografi yang berisi tentang pengenalan tokoh.

Sedangkan Reorientasi, yaitu bagian penutup yang bersifat opsional dari sebuah biografi. Pada bagian ini penulis memberikan suatu pandangannya terhadap tokoh yang diceritakan di dalam biografi tersebut.

5. Unsur dari Biografi

Unsur Biografi sangatlah penting untuk penulisan teks biografi agar isi dari Biografi bisa tertata dengan baik dan bisa melengkapi ceritanya, dan unsur Biografi adalah sebagai berikut :

  • Unsur Biografi itu meliputi Identitas tokoh, meliputi nama, tempat, dan tanggal lahir, profesi/pekerjaan, dan riwayat pendidikan karena bisa ditambahkan tentang informasi mengenai informasi keluarga dari tokoh.
  • Pengalaman hidup tokoh juga penting biasanya meliputi suatu pengalaman aktivitas para tokoh tentang pengalaman hidup organisasinya.
  • Pandangan hidup seorang tokoh misalnya suatu pendapat atau opini dari seorang para tokoh biografi.
  • Kebiasaan positif yaitu tokoh yang punya kehidupan yang positif dan bagus untuk jadi panutan dan teladan yang baik.
BACA JUGA :  Biografi John Dalton
6. Contoh dari Biografi

Contoh teks Biografi yaitu para tokoh, tentu menarik sekali untuk dibaca dan kita teladani, baik tokoh bangsa, tokoh dunia maupun tokoh agama. Selalu memiliki kisah menarik tersendiri untuk bisa diambil sebagai contoh suri tauladan yang baik. Contoh biografi yang mudah saja yaitu Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno yang memiliki sejarah yang bagus.

Biografi SoekarnoTentunya buku biografi Ir. Soekarno sangat laris manis di pasaran selain itu, pahlawan wanita R.A Kartini dan masih banyak lagi. Dan kebanyakan dari Biografi adalah sejarah tokoh-tokoh para pahlawan yang menjadi panutan banyak orang.

Jadi pengertian tentang biografi dari penjelasan di atas maka bisa diambil kesimpulannya yaitu dimana biografi adalah karangan kisah nyata atau non fiksi. Jadi seluruh keseluruhan cerita yang mengandung di dalamnya adalah berdasarkan fakta yang terjadi pada tokoh tersebut.

Jadi kesimpulannya adalah, Biografi merupakan suatu bentuk teks yang isinya adalah mengenai kisah nyata cerita seorang tokoh dalam mengarungi kehidupan.

Sebuah biografi dibuat dengan beragam tujuan bagi para penulisnya, namun yang pasti, tentu saja dalam penulisannya berbentuk biografi harus bisa menginspirasi para pembacanya. Karena itulah kebanyakan contoh teks pada biografi adalah kisah hidup tokoh yang sangat terkenal dan sukses tentunya.

Demikianlah ulasan tentang mengenal teks Biografi yang perlu anda tahu. Meskipun diceritakan dalam bentuk narasi, karakter utama dari tokoh dalam teks yang masuk ke dalam kategori biografi adalah sumber data yang ada. Data dan informasi yang diperoleh itulah yang kemudian diubah menjadi bentuk yang lebih menarik untuk dibaca.

Sekarang ini, terdapat banyak teks biografi tentang figur tokoh yang cukup terkenal dan juga tersohor yang bisa kalian baca. Semoga artikel di atas bermanfaat.

BACA JUGA :  Biografi dan Profil Agus Harimurti Yudhoyono

Beri Rating Artikel Ini

Loading...